Wednesday, September 6, 2017

Manfaat atau Faedah Membaca Surah Yaasin

Tags

Manfaat yang ada Didalam surat Yasin, telah dijelaskan oleh banyak Ulama, bahkan Nabi Muhammad SAW dalam satu riwayat menganjurkan kita supaya memperbanyak membaca surat yasin.  
Manfaat atau Faedah Membaca Surah Yaasin

Bagi seorang muslim, pasti sudah sangat akrab dengan istilah ini. Yassin, merupakan salah satu surat yang terdapat di dalam Al-Quran yang merupakan kitab suci dan pegangan utama dari umat Muslim di seluruh dunia. Yasin sendiri merupakan surat ke – 36 dalam Al-Quran, dan terdiri dari 83 ayat. Banyak diantara kita yang menganggap bahwa Qs.Yassin adalah salah satu surat yang terpenting di dalam Al-Quran.
 
Dalam sabdanya, beliau memerintahkan kita untuk membaca surat Yaasin di samping orang yang sedang menghadapi mautnya. Nabi Muhammad SAW tidak langsung serta-merta memerintahkan umatnya untuk membaca suatu surat jika surat tersebut tidak bermanfaat bukan? Begitulah logikanya.

Ada sebuah hadits, dari Maq'bal bin Yasar berbunyi:
 
"Surat Yaasin adalah jantung Al-Qur'an. Siapa saja yang membacanya semata-mata karena Allah Swt, dan berharap kebahagiaan akhirat maka ia akan diampuni. Maka bacakanlah Yaasin di samping saudaramu yang sedang sekarat."
Ada juga sebuah riwayat yang berkenaan dengan manfaat surat Yasin bagi mereka yang tengah menghadapi mautnya, "Ketika seorang muslimin dan muslimah dibacakan Yaasin saat menghadapi ajalnya, maka akan diturunkan 10 malaikat dari huruf-huruf Yasin yang dibaca. Para malaikat itu berdiri berbaris di samping yang sakit, membacakan shalawat dan istighfar kepadanya dan ikut menyaksikan saat dimandikan dan mengantarkan ia ke makam." (Tafsir Yasin lil Hamamy)


Baca Juga :  

Surat Yaasin sangat baik jika di baca saat malam jum'at, atau ketika seseorang berada dalam keadaan sakratul maut atau ketika menghormati seseorang yang sudah meninggal. Yasin merupakan suraat dalam Al-Quran yang paling sering dibaca oleh seorang muslim, karena Qs. Yaasin ini memiliki banyak sekali manfaat.

Apa saja manfaat Surat Yasin?


  1. Apabila ada seseorang sedang lapar, dan tidak ada makanan apapun yang bisa dimakan, lalu dia membaca surat Yasin dengan khusyu', maka Allah SWT akan memberikan kepadanya rasa kenyang.
  2. Jika Qs. Yaasin dibaca oleh seseorang atau kaum yang sedang dilanda kegelisahan, ketakutan, kegundahan, maka Allah SWT akan menghilangkan rasa takut, gelisah, dan kegundahannya.
  3. Jika Qs. Yaasin dibaca oleh orang yang faqir, apapun keadaanya dia akan terbebas dari hutang.
  4. Jika Qs. Yaasin dibaca oleh orang yang sedang mempunyai hajat, maka Allah akan memenuhi hajat-hajatnya.
  5. Jika Qs. Yaasin dibaca diwaktu shubuh, maka seorang yang baca itu akan berada dalam penjagaan Allah SWT sampai sore harinya.
  6. Jika di satu wilayah, RT, RW, Desa, Kampung, Kota, selalu dibacakan surat Yasin, maka Gusti Allah angkat dari penghuni-penghuninya bala, paceklik, harga kebutuhan yang melambung, dan wabah-wabah penyakit. jika dibaca malam hari (ba'da maghrib ), maka keluarganya berada dalam perlindungan Gusti Allah sampai subuhnya.
  7. Jika Qs. Yaasin ini dibacakan untuk mayit (orang yang sudah meninggal), JIka mayit itu sedang disiksa maka siksaannya akan dikurangi. Apabila si mayit itu sedang mendapatkan nikmat kubur, nikmat yang dia dapat akan semakin bertambah.

loading...